RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Kimia
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
Pertemuan ke- : 5 (lima)
Standar Kompetensi :
4.
Memahami sifat-sifat larutan
asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
Kompetensi Dasar :
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami
hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
Indikator :
4.4.1 Menentukan ciri-ciri beberapa
jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan.
I. Tujuan Pembelajaran
·
Tujuan Kognitif
Siswa dapat :
7.
Mengidentifikasi sifat garam yang dapat terhidrolisis dalam air
berdasarkan kekuatan asam dan basa pembentuknya.
·
Tujuan Afektif
1.
Mengajukan pertanyaan
2.
Aktif mendengar
3.
Mengajukan pendapat
4.
Menjawab pertanyaan
5.
Bekerja sama dalam kelompok
II. Materi Ajar
·
Hidrolisis Garam
III. Metode Pembelajaran
·
Eksperimen
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
·
Kegiatan Awal (± 5 menit)
1.
Salam pembuka
2.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran kepada siswa
3.
Guru menyampaikan informasi
secara singkat tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
·
Kegiatan Inti (± 70 menit)
1.
Guru membagi siswa dalam
kelompok kecil (4-5 orang) secara heterogen.
2.
Guru memberi respon/pertanyaan
singkat mengenai konsep larutan penyangga pada masing-masing siswa dalam kelompok
untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa.
3.
Guru membagikan LKS kepada tiap
siswa, dan menerangkan isi dari LKS tersebut agar siswa memperoleh gambaran
bagaimana tata cara praktikum yang akan dilakukan, guru juga memperkenalkan
alat-alat dan bahan-bahan untuk praktikum kepada semua siswa.
4.
Sebelum praktikum dilaksanakan,
guru memberi waktu kepada siswa yang tidak mengerti dalam pelaksanaan praktikum
untuk bertanya agar dalam pelaksanaannya nanti tidak mengalami hambatan.
5.
Siswa mulai melakukan percobaan
dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan petunjuk LKS dan guru mengontrol
jalannya praktikum ke semua kelompok.
6.
Setelah praktikum selesai,
masing-masing siswa dalam kelompok membuat hasil pengamatan dan membuat
kesimpulan hasil percobaan serta menjawab pertanyaan dalam LKS yang sudah
disediakan oleh guru.
7.
Setelah selesai, LKS
dikumpulkan untuk dinilai oleh guru sebagai tugas kelompok.
8.
Siswa membersihkan, mencuci dan
mengembalikan semua alat-alat yang telah digunakan dalam kelompoknya
masing-masing ke tempat semula.
·
Kegiatan Akhir (± 15 menit)
1.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan hasil percobaan mengenai larutan penyangga.
2.
Guru memberikan evaluasi berupa
quis singkat mengenai hasil percobaan untuk menilai kemampuan kognitif
masing-masing siswa.
3.
Salam penutup.
V. Sumber Belajar
·
Bahan dan alat untuk praktek
·
Buku pelajaran kimia lainnya
yang relevan.
·
LKS
VI. Penilaian
·
Penilaian Kognitif
Nilai diperoleh dari hasil uji kemampuan (pre test),
hasil diskusi dalam memahami materi dan mengerjakan LKS, dan hasil evaluasi
masing-masing siswa setelah pembelajaran.
·
Penilaian Afektif
Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap siswa dalam
proses pembelajaran berlangsung.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
Ket.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
dst
|
||||||||
30
|
Keterangan :
1 = Mengajukan pertanyaan
2 = Menjawab pertanyaan
3 = Mengajukan pendapat
4 = Bekerja sama dalam kelompok
5 = Aktif mendengar
Nilai afektif : - 17-20 =
A
-
13-16 = B
-
9-12 = C
-
5-8 = D
Skor : - Amat baik = 4
- Baik =
3
- Cukup =
2
- Kurang =
1
·
Penilaian Psikomotor
Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap cara siswa
dalam melakukan percobaan.
No.
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Jumlah Skor
|
Ket
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
dst
|
|||||||
30
|
Keterangan :
1 = cara menggunakan pipet tetes
2 = cara mencampurkan larutan
3 = cara menggunakan kertas
lakmus/kertas pH
4 = cara mengukur volume larutan
0 komentar :
Posting Komentar