Rabu, 18 Desember 2013

RPP Hidrolisis



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                      : Kimia
Satuan Pendidikan                : SMA
Kelas/semester                       : XI/2
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit
Pertemuan ke-                       : 5 (lima)
Standar Kompetensi             :
4.    Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
Kompetensi Dasar                 :
4.4   Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
Indikator                                :
4.4.1 Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan.

I. Tujuan Pembelajaran
·         Tujuan Kognitif
Siswa dapat :
7.  Mengidentifikasi sifat garam yang dapat terhidrolisis dalam air berdasarkan kekuatan asam dan basa pembentuknya.
·         Tujuan Afektif
1.      Mengajukan pertanyaan
2.      Aktif mendengar
3.      Mengajukan pendapat
4.      Menjawab pertanyaan
5.      Bekerja sama dalam kelompok


II. Materi Ajar
·         Hidrolisis Garam

III. Metode Pembelajaran
·         Eksperimen

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan Awal (± 5 menit)
1.      Salam pembuka
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
3.      Guru menyampaikan informasi secara singkat tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
·         Kegiatan Inti (± 70 menit)
1.      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (4-5 orang) secara heterogen.
2.      Guru memberi respon/pertanyaan singkat mengenai konsep larutan penyangga pada masing-masing siswa dalam kelompok untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa.
3.      Guru membagikan LKS kepada tiap siswa, dan menerangkan isi dari LKS tersebut agar siswa memperoleh gambaran bagaimana tata cara praktikum yang akan dilakukan, guru juga memperkenalkan alat-alat dan bahan-bahan untuk praktikum kepada semua siswa.
4.      Sebelum praktikum dilaksanakan, guru memberi waktu kepada siswa yang tidak mengerti dalam pelaksanaan praktikum untuk bertanya agar dalam pelaksanaannya nanti tidak mengalami hambatan.
5.      Siswa mulai melakukan percobaan dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan petunjuk LKS dan guru mengontrol jalannya praktikum ke semua kelompok.
6.      Setelah praktikum selesai, masing-masing siswa dalam kelompok membuat hasil pengamatan dan membuat kesimpulan hasil percobaan serta menjawab pertanyaan dalam LKS yang sudah disediakan oleh guru.
7.      Setelah selesai, LKS dikumpulkan untuk dinilai oleh guru sebagai tugas kelompok.
8.      Siswa membersihkan, mencuci dan mengembalikan semua alat-alat yang telah digunakan dalam kelompoknya masing-masing ke tempat semula.
·         Kegiatan Akhir (± 15 menit)
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil percobaan mengenai larutan penyangga.
2.      Guru memberikan evaluasi berupa quis singkat mengenai hasil percobaan untuk menilai kemampuan kognitif masing-masing siswa.
3.      Salam penutup.

V. Sumber Belajar
·         Bahan dan alat untuk praktek
·         Buku pelajaran kimia lainnya yang relevan.
·         LKS

VI. Penilaian
·         Penilaian Kognitif
Nilai diperoleh dari hasil uji kemampuan (pre test), hasil diskusi dalam memahami materi dan mengerjakan LKS, dan hasil evaluasi masing-masing siswa setelah pembelajaran.

·         Penilaian Afektif
Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran berlangsung.


No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Ket.
1
2
3
4
5
1








2








3








dst








30








Keterangan :
1 = Mengajukan pertanyaan
2 = Menjawab pertanyaan
3 = Mengajukan pendapat
4 = Bekerja sama dalam kelompok
5 = Aktif mendengar

Nilai afektif   :   -  17-20    = A
                          -  13-16    = B
                          -   9-12     = C
                          -   5-8       = D
Skor                 : -   Amat baik   = 4
                          -   Baik            = 3
                          -   Cukup         = 2
                          -   Kurang        = 1
·         Penilaian Psikomotor
Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap cara siswa dalam melakukan percobaan.





No.
Nama Siswa
Skor
Jumlah Skor
Ket
1
2
3
4
1







2







3







dst







30







Keterangan :
1 = cara menggunakan pipet tetes
2 = cara mencampurkan larutan
3 = cara menggunakan kertas lakmus/kertas pH
4 = cara mengukur volume larutan








0 komentar :

Posting Komentar