Minggu, 08 Desember 2013

Silabus Kimia SMA kelas XI,Materi Titrasi dan Hidrolisis



SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan       : SMA
Kelas                           : XI
Kompetensi Inti
KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KD
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
1.1    Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang tentatif

·     Perkembangan konsep  asam dan basa
·     Indikator
·     pH asam lemah, basa lemah, dan  pH asam kuat basa kuat


Mengamati (Observing) 
·     Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa, indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar  kita yang dapat berfungsi sebagai indikator
·    Apa perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat
Mengumpulkan data (eksperimenting)
·     Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
·     Mendiskusikan bahan alam yang dapat diguna-kan sebagai indikator
·     Merancang dan mempresentasikan rancangan  percobaan indikator alam dan indikator kimia, untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan indikator alam dan indikator kimia.
·     Mendiskusikan perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat
·     Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan indikator universal atau pH meter untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan indikator universal atau pH meter
·    Mengamati dan mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·     Menyimpulkan konsep asam basa
·     Mengolah dan menyimpulkan data bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator.
·     Menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk membedakan asam dan basa atau titrasi asam dan basa
·     Memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator.
·     Menyimpulkan perbedaan asam /basa lemah dengan asam/basa kuat
·     Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·     Menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )

Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·     Mengkomunikasikan bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa
Tugas
·     Merancang percobaan indikator alam dan indikator kimia
·     Merancang percobaan kekuatan asam dan basa

Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume
      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     Pemahaman konsep asam basa
·     Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·     Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )

3 mgg x 4 jam pelajaran

-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Internet

2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.












2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.






2.3      Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.1      Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.













4.10  Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.





1.1   Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

















·     Titrasi asam basa
·     Kurva titrasi


Mengamati (Observing) 
·     Mencari informasi dari berbagai sumber tentang titrasi asam basa .

Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan apa fungsi indikator dalam titrasi asam basa, Indikator apa yang tepat untuk titik titrasi asam basa, kapan titrasi dinyatakan selesai?
·     Bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk,misalnya cuka dapur 25%.

Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Merancang percobaan dan mempresentasikan hasil rancangan titrasi asam basa untuk menyamakan persepsi
·     Memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi asam basa
·     Melakukan percobaan titrasi asam basa.
·     Mengamati dan mencatat data hasil titrasi

Mengasosiasi (Associating)
·     Mengolah data hasil percobaan
·     Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
·     Menentukan kemurnian suatu zat
·     Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik akhir titrasi

Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan titrasi asam basa dan
     mempresentasikannya dengan   menggunakan tata bahasa yang benar
·     Menngkomunikasikan bahwa untuk menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan dengan cara titrasi asam basa.

Tugas
·     Merancang percobaan titrasi asam basa
·     Membuat kurva/grafik titrasi

Observasi
·     Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: merangkai alat titrasi melihat  skala volume, cara mengisi buret, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan
·     Kurva titrasi

Tes tertulis uraian
·     Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik akhir titrasi
2 mgg x 4 jam pelajaran

-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Internet

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.



2.3      Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.




4.11  Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
4.11   Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan titrasi asam-basa.

1.1    Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·     Sifat garam yang terhidrolisis
·     Tetapan hidrolisis (Kh)
·     pH garam yang terhidrolisis


Mengamati (Observing) 
·     Mencari informasi dari berbagai sumber tentang hidrolisis garam
·    Melakukan identifikasi pH garam dengan menggunakan kertas lakmus atau indikator universal atau pH meter
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat garam yang berasal dari:
-     asam kuat dan basa kuat,
-     asam kuat dan basa lemah,
-     asam lemah dan basa kuat,
-     asam lemah dan basa lemah
Mengumpulkan data  (Eksperimenting)
·     Merancang percobaan dan mempresentasikan hasil rancangan identifikasi pH garam  untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan identifikasi garam.
·     Mengamati dan mencatat hasil titrasi

Mengasosiasi (Associating)
·     Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan
·     Menyimpulkan sifat garam yang terhidrolisis
·     Menganalisis rumus kimia  garam-garam  dan memprediksi sifatnya
·     Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·     Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan

Mengkomunikasikan (Communicating)
Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar

Tugas
·     Merancang percobaan hidrolisis garam

Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: cara menggunakan kertas lakmus,  indikator universal atau pH meter; melihat  skala volume dan suhu, cara  menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan


Tes tertulis uraian
·     Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·     Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan

3 mgg x 4 jam pelajaran

-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Internet

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.


2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan


3.12  Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.

4.12  Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis.


0 komentar :

Posting Komentar