SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas :
XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KD
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,kesetimbangan
kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang tentatif
|
· Perkembangan
konsep asam dan basa
· Indikator
· pH asam lemah, basa lemah, dan pH asam kuat basa kuat
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/
mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam
dan basa, indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa
kuat)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar kita yang dapat berfungsi sebagai indikator
· Apa
perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat
Mengumpulkan
data (eksperimenting)
·
Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius,
Bronsted Lowry dan Lewis
·
Mendiskusikan bahan alam yang dapat diguna-kan sebagai
indikator
·
Merancang dan
mempresentasikan rancangan percobaan indikator alam dan indikator kimia, untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan indikator alam dan
indikator kimia.
·
Mendiskusikan perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa
kuat
·
Merancang dan
mempresentasikan rancangan percobaan membedakan
asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan
indikator universal atau pH meter untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan
membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama
dengan indikator universal atau pH meter
· Mengamati
dan mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan konsep asam basa
·
Mengolah dan menyimpulkan data bahan alam yang dapat
digunakan sebagai indikator.
·
Menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk
membedakan asam dan basa atau titrasi asam dan basa
·
Memprediksi pH larutan dengan menggunakan
beberapa indikator.
·
Menyimpulkan perbedaan asam /basa lemah dengan asam/basa
kuat
·
Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·
Menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk
mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata
bahasa yang benar.
· Mengkomunikasikan bahan
alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa
|
Tugas
· Merancang percobaan indikator alam dan indikator kimia
· Merancang
percobaan kekuatan asam dan basa
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan,
kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Pemahaman konsep asam basa
·
Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·
Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan
derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )
|
3 mgg x 4 jam pelajaran
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Internet
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai
dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsive dan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.1
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa
dan/atau pH larutan.
|
|||||
4.10 Mengajukan
ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman
asam/basa atau titrasi asam/basa.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Titrasi asam basa
· Kurva titrasi
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang titrasi asam basa .
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan apa fungsi
indikator dalam titrasi asam basa, Indikator apa yang tepat untuk titik titrasi asam basa,
kapan titrasi dinyatakan selesai?
·
Bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk,misalnya cuka dapur 25%.
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Merancang percobaan dan
mempresentasikan hasil rancangan titrasi asam basa untuk menyamakan
persepsi
·
Memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi
asam basa
·
Melakukan percobaan titrasi asam basa.
·
Mengamati dan mencatat data hasil
titrasi
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah data hasil percobaan
·
Menentukan konsentasi pentiter atau
zat yang dititer
·
Menentukan kemurnian suatu zat
·
Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik
akhir titrasi
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan titrasi asam basa dan
mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa
yang benar
· Menngkomunikasikan
bahwa untuk menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan dengan cara
titrasi asam basa.
|
Tugas
· Merancang percobaan titrasi asam
basa
· Membuat
kurva/grafik titrasi
Observasi
· Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan
presentasi, misalnya: merangkai alat titrasi melihat skala volume, cara mengisi buret, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan,
kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
· Kurva
titrasi
Tes tertulis uraian
· Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik
akhir titrasi
|
2 mgg x 4 jam pelajaran
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Internet
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai
dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
4.11
Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan
data hasil titrasi asam basa.
|
|||||
4.11 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan titrasi asam-basa.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Sifat garam yang terhidrolisis
· Tetapan hidrolisis (Kh)
· pH garam yang terhidrolisis
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang hidrolisis garam
· Melakukan identifikasi pH garam dengan menggunakan kertas
lakmus atau indikator universal atau pH meter
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat garam yang berasal dari:
- asam kuat dan basa
kuat,
- asam kuat dan basa
lemah,
- asam lemah dan basa
kuat,
-
asam lemah dan basa lemah
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Merancang percobaan dan
mempresentasikan hasil rancangan identifikasi pH garam untuk menyamakan
persepsi
·
Melakukan percobaan identifikasi
garam.
·
Mengamati dan mencatat hasil titrasi
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan
menganalisis data hasil pengamatan
·
Menyimpulkan sifat garam yang terhidrolisis
·
Menganalisis rumus kimia
garam-garam dan memprediksi
sifatnya
·
Menentukan grafik hubungan perubahan harga
pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·
Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan
pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan
Mengkomunikasikan (Communicating)
Membuat laporan percobaan identifikasi
garam dan mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
|
Tugas
· Merancang
percobaan hidrolisis garam
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: cara menggunakan kertas lakmus, indikator universal atau pH meter; melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Menganalisis grafik
hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·
Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan
pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan
|
3 mgg x 4 jam pelajaran
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Internet
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan
percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai
dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.12 Menganalisis garam-garam
yang mengalami hidrolisis.
|
|||||
4.12 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis.
|
0 komentar :
Posting Komentar