RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Mata Pelajaran :
Kimia
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan Ke : 1, dan 2
Alokasi waktu : 5 x
45 menit
SK :4. Memahami sifat-sifat larutan
asam-basa, metode pengukuran dan penerapannya.
KD : 4.3. Menggunakan kurva
harga perubahan pH pada titrasi asam-basa untuk menjelaskan larutan penyangga
dan hidrolisis
Indikator : 1. Menjelaskan tentang larutan
penyangga
2.Menjelaskan
tentang hidrolisis larutan garam
I.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan larutan penyangga
2. Siswa dapat menjelaskan hidrolisis garam
3. Siswa
dapat menentukan pH larutan penyangga
4. Siswa dapat membuat kurva titrasi berdasarkan
data titrasi asam lemah oleh basa kuat
5. Siswa dapat membuat kurva titrasi
berdasarkan data titrasi basa lemah oleh asam kuat
II. Materi Ajar
A. Konsep prasyarat : Titrasi asam-basa
kuat
B. Materi pokok / uraian materi pokok.
·
Larutan
penyangga
·
Hidrolisis
garam
·
Kurva titrasi
Ø Kurva titrasi asam lemah oleh basa kuat
Ø Kurva titrasi basa lemah oleh asam kuat
III.Metode Pembelajaran
A. Pendekatan : Konsep
B. Metode
: Diskusi dan Tanya jawab
IV.Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Proses KBM
|
Waktu
(Menit)
|
1.
2.
|
Pertemuan 1(indikator 1)
Tujuan
Pembelajaran 1:
1. Siswa dapat
menjelaskan tentang larutan penyangga
a. Kegiatan awal
: Guru menyampaikan SK, KD serta tujuan pembelajaran. Tanya jawab tentang pH asam kuat ,basa
kuat, asam lemah dan basa lemah.
(rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif)
b. Kegiatan
inti : Mengarahkan siswa mengkaji
literatur tentang larutan penyangga. Dengan bimbingan guru, siswa
mendiskusikan tentang larutan penyangga. Guru menjelaskan cara penentuan pH
larutan penyangga. Melatih siswa menentukan pH larutan penyangga.
(kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin
tahu, gemar membaca, tanggung jawab)
c. Penutup : Tanya jawab untuk mengecek
ketercapaian
kompetensi
(disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif,
tanggung jawab)
Pertemuan 2(indikator2
dan 3)
Tujuan Pembelajaran 2,3,4, dan 5
2. Siswa dapat menjelaskan hidrolisis garam
3. Siswa dapat menentukan pH larutan
penyangga
4. Siswa dapat membuat kurva titrasi
berdasarkan data titrasi asam
lemah oleh basa kuat
5. Siswa dapat membuat kurva titrasi
berdasarkan data titrasi basa
lemah oleh asam kuat
a. Kegiatan awal : Guru
menyampaikan SK, KD serta tujuan pembelajaran. Tanya jawab tentang larutan
penyangga.
(rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif)
b. Kegiatan inti : Dengan bimbingan guru, melatih
siswa siswa untuk membuat kurva
titrasi dari data percobaan asam lemah oleh basa kuat dan sebaliknya.
Mengarahkan siswa mengerjakan latihan soal di kelas tentang cara membuat
kurva titrasi berdasarkan data percobaan.
(kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin
tahu, gemar membaca, tanggung jawab)
c. Penutup : Tanya jawab untuk mengecek
ketercapaian kompetensi.
(disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif,
tanggung jawab)
|
2 x 45
10
70
10
3 x45
10
115
10
|
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.
Alat Pelajaran :
B.Sumber Pelajaran
: Buku Kimia kelas XI , dan Tabel periodik
VI Penilaian :
A.Penilaian
1. Untuk menilai aspek PPK dengan
tes lisan/tertulis.
2.
Untuk menilai sikap melalui observasi
B. Tindak Lanjut
1.Siswa yang telah
mencapai KKM diberi pengayaan
2.Siswa yang belum mencapai KKM
diberi remedial
0 komentar :
Posting Komentar